Senin, 24 Juli 2017

Gaya

Dalam ilmu fisika gaya diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan kepada suatu benda. Gaya yang diberikan pun dapat merubah bentuk benda, mengubah arah gerak benda hingga menyebabkan benda bergerak. Dengan kata lain, sebuah gaya dapat menyebabkan suatu obyek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya. Secara umum gaya dibedakan menjadi dua jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh sendiri merupakan gaya yang dilakukan secara langsung antara benda yang mengerjakan dan benda yang dikenai gaya.
Sedangkan gaya tak sentuh merupakan gaya yang dikenakan pada suatu benda yang tidak secara langsung bersentuhan atau yang tidak adanya kontak langsung antara benda yang dikenai gaya dengan benda dalam mengerjakan gaya. Gaya sendiri memiliki besaran dan arah, sehingga gaya merupakan salah satu kuantitas vektor. Satuan SI yang digunakan untuk mengukur gaya adalah Newton yang dilambangkan dengan N. Lantas apa saja macam-macam gaya dalam ilmu fisika? Berikut ulasannya.gaya-dalam-ilmu-fisika

Jenis-jenis gaya dan contohnya

  1. Gaya gesek
Yang pertama adalah gaya gesek. Gaya gesek merupakan salah satu jenis gaya yang ditimbulkan karena adanya dua benda yang saling bergesekan. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam gaya gesek adalah mengasah pisau, mengamplas dinding, antara rem dan ban dan lainnya.
  1. Gaya magnet
Yang kedua adalah gaya magnet. Jenis gaya yang satu ini merupakan gaya yang terjadi karena muatan listrik. Contohnya yaitu pasir akan menempel pada magnet jika didekatkan, besi akan menempel jika didekatkan dengan magnet dan lainnya.
  1. Gaya pegas
Macam-macam gaya dalam ilmu fisika selanjutnya adalah gaya pegas. Pegas sendiri juga identik dengan benda yang bersifat elastis. Oleh karena itu, gaya pegas adalah gaya yang disebabkan dan ditimbulkan oleh pegas atau benda yang memiliki sifat elastis. Misalnya saja, shockbreaker motor ketika di pakai, karet gelang yang ditarik, panah yang dilepaskan dari busurnya, dan lain-lain. Baca juga pengertian energi potensial pegas dan contohnya.
  1. Gaya listrik
Berikutnya adalah gaya listrik. Sama seperti namanya, gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan yang berada dalam medan listrik. Contohnya adalah kipas angin akan bergerak ketika dihubungkan dengan sumber listrik, serpihan kertas akan bergeral ketika didekatkan dengan sisir atau penggarasi plastik yang telah digosokkan pada rambut.
  1. Gaya otot
Gaya otot adalah gaya yang berupa dorongan atau tarikan terhadap suatu benda yang dihasilkan. Contohnya, menendang bola, membawa air dalam ember, tarik tambang dan lainnya.
  1. Gaya gravitasi
Yang terakhir adalah gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya tarik menarik pada semua partikel yang memiliki massa di alam semesta, contohnya yaitu benda yang dilempar ke atas akan kembali dan jatuh ke tanah, buah mangga jatuh dari pohoh dan lainnya.
Setelah mengetahui pengertian dan macam-macam gaya dalam ilmu fisika, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja pengaruh gaya terhadap suatu benda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.
Inilah pengaruh gaya terhadap benda
 Apa yang akan terjadi pada sebuah benda ketika benda tersebut dikenakan suatu gaya? Apakah benda tersebut akan bergerak, mengubah kecepatan, merubah bentuk benda ataupun ketiga hal tersebut? Bagi Anda yang masih bingung dengan pengaruh gaya terhadap suatu benda, coba perhatikan seorang pemain sepak bola yang telah menendang bola. Jika diamati, kecepatan bola tersebut pastinya akan berubah jika benturan tersebut terjadi. Sehingga, hal ini membuktikan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan suatu benda.
Sebagai contoh lain adalah plastisin. Pernah Anda bermain plastisin? Hampir setiap orang pastinya sudah pernah bermain permainan yang satu ini. Sebelum dibentuk, plastisin atau malam memiliki bentuk yang bulat ataupun kotak. Akan tetapi pada saat Anda menekan plastisin, tangan akan memberikan gaya pada permainan tersebut. Lantas bagaimana bentuk dari plastisin itu? Ya, plastisin akan berubah bentuk. Selain dapat mengubah kecepatan suatu benda, gaya juga dapat merubah bentuk suatu benda.
Jadi, dengan adanya kedua contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa gaya memiliki pengaru yang besar terhadap benda. Nah berikut adalah beberapa pengaruh gaya terhadap benda:
  • Mengubah arah benda
Yang pertama adalah dapat mengubah arah benda. Sebagai contoh adalah air mancur. seperti yang kita ketahui, air seharusnya bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Karena diberikan gaya air, maka air mancur dapat berubah arah geraknya.
  • Menyebabkan perubahan kecepatan
Yang kedua adalah dapat menyebabkan perubahan kecepatan. Contohnya adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya.
  • Menyebabkan benda diam menjadi bergerak ataupun sebaliknya
Contohnya yaitu ketika mendang bola, pastinya benda diam tersebut akan menjadi bergerak dan juga mengerem sepeda, benda bergerak tersebut akan menjadi diam atau berhenti.
  • Mengubah posisi benda
Pengaruh gaya terhadap benda selanjutnya adalah dapat mengubah posisi benda, contohnya yaitu mendiring meja hingga berpindah tempat.
  • Mengubah bentuk benda
Contohnya yaitu, membuat mainan dari plastisin.
Dari sekian banyak gaya yang telah diketahui saat ini, sesungguhnya dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yakni: Gaya sentuh dan Gaya tak Sentuh. Sebelum menguraikan lebih jauh materi ini, tahukah anda apa yang dimaksud dengan gaya? Dalam fisika, gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya adalahsesuatu yang jika dikerjakan terhadap benda dapat menyebabkan terjadinya perubahan gerak atau bentuk.
Agar lebih memahami gaya perhatikan ilustrasi berikut: Tentu anda pernah pernah menyaksikan, bahkan melakukan sendiri permainan sepakbola. Bagaimana ketika bola ditendang, ditangkap penjaga gawang, kemudian dilemparkan kembali? Saat bola ditendang, berarti bola itu mendapat tenaga melalui sentuhan kaki. Akibatnya bola bergerak menjauhi si penendang. Sebaliknya bola yang bergerak dengan kecepatan tertentu itu dapat ditangkap oleh penjaga gawang, sehingga bola berhenti secara mendadak. Demikian juga ketika bola dilemparkan, maka bola akan bergerak kembali menjauhi penjaga gawang. Bagaimana gerak sepeda Anda ketika didorong atau ditarik dari belakang? Menendang, menangkap, atau melempar sehingga dapat mempengaruhi perubahan gerak sebuah benda disebut mengerjakan gaya. Di samping dapat mempengaruhi perubahan gerak ternyata gaya juga dapat mengakibatkan perubahan bentuk, sesuai dengan defenisi gaya di atas.
a. Gaya Sentuh
Lantas, apa itu gaya sentuh? Gaya sentuh adalah gaya yang bekerja melalui sentuhan. Pada ilustrasi sepakbola di atas, ketika anda menendang bola, tetapi tidak mengenainya, dapatkah bola itu bergerak? Bagaimana pula jika penjaga gawang tidak tepat dalam menangkap bola? Dapatkah bola tersebut berhenti? Perubahan gerak pada bola hanya terjadi apabila dikerjakan gaya melalui sentuhan. Sebaliknya jika tidak terkena sentuhan, maka tidak terjadi pula perubahan gerak. Dengan demikian, gaya baru dapat bekerja setelah terjadi sentuhan. Contoh gaya sentuh dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  • Gaya yang berasal dari otot, seperti gaya dorong, gaya tarik, gaya angkat, dan sebagainya yang berasal dari kekuatan tubuh. Misalnya; mendorong meja, mengangkat batu, menarik gerobak, dan lain-lain.
  • Gaya mesin, yaitu gaya yang dikeluarkan oleh mesin-mesin.
  • Gaya pegas, adalah gaya yang timbul dari sebuah benda ketika kembali pada kedudukan semula.
b. Gaya tak Sentuh
 
Berbeda dengan gaya sentuh, gaya tak sentuh adalah gaya yang dapat bekerja walaupun tidak melalui sentuhan. Contoh gaya tak sentuh dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  • Gaya magnet, adalah kekuatan yang berasal dari benda untuk menarik atau menolak benda lainnya.
  • Gaya listrik, adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik.
  • Gaya tarik bumi (gravitasi bumi), adalah kekuatan bumi untuk menarik benda-benda menuju pusat bumi.

http://benergi.com/macam-macam-gaya-dalam-ilmu-fisika-lengkap-dengan-contohnya
https://informasiana.com/penjelasan-gaya-sentuh-dan-gaya-tak-sentuh/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tulisan Berharga Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang